Hari Air Sedunia: Urgensi Menjaga Sumber Daya Air Kota

Oleh : Arif Sulistyo

Vice President ENERGI Bogor

Hari Air Sedunia yang diperingati secara global setiap tanggal 22 Maret. Dengan urgensi berupa upaya bersama untuk menjaga dan melindungi sumber daya paling penting bagi manusia yaitu air. Setidaknya tubuh manusia terdiri dari 60% air, membuatnya sebagai komponen penting bagi tubuh manusia untuk bekerja dan berfungsi optimal. Air bekerja sebagai pelumas sendi yang ada di tubuh kita. Dengan menyesuaikan suhu tubuh melalui keringat dan membantu mengeluarkan kotoran dari tubuh kita. Tanpa kehadiran air, manusia hanya bertahan selama 3 hari, namun beberapa ahli berargumen manusia dapat bertahan maksimal sampai 7 hari sebelum akhirnya sakit atau bahkan meninggal karena dehidrasi. Sehingga urgensi sumber daya air perlu diperhatikan secara bersama oleh setiap insan kehidupan.

Tahun ini, Hari Air Sedunia 2021 mengangkat tema “Valuing Water”. Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres berpendapat bahwa nilai air sangat dalam serta kompleks. Selain itu menurutnya air merupakan sebuah “perlindungan”. Siklus air yang dikelola dengan baik mencakup air minum, sanitasi, kebersihan, air limbah, tata kelola, lingkungan, dan lainnya menjadi langkah pertahanan terhadap penyakit serta respons terhadap tantangan dari perubahan iklim dan peningkatan permintaan global.

Momentum Hari Air Sedunia dapat menjadi bahan evaluasi dan perumusan kebijakan para pemangku kebijakan, khususnya pemerintah pusat dan daerah. Air merupakan sumber daya alam yang masuk dalam kategori hak asasi manusia untuk bertahan hidup. Oleh karenanya, harus dimunculkan rasa urgensi untuk menjaga dan melindungi air sebagai salah satu komponen penting dalam kehidupan manusia.

Air dan Kota Bogor

Kota Bogor, kota yang kita kenal sebagai Kota Hujan tidak terbebas dari permasalahan air. Bogor yang menggantungkan sumber air baku dari Sungai Cisadane sempat mengalami krisis air bersih pada 2019 silam. Walikota Bogor Bima Arya sempat turun tangan untuk memerintahkan PDAM segera turun dan menyalurkan bantuan air bersih pada warga yang mengalami krisis air. Salah satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah kota untuk resolusi jangka panjang adalah dilakukannya pengendalian penggunaan air bawah tanah. Kedepannya penggunaan sumur dan air tanah di tingkat rumah tangga hingga industri akan dialihkan ke PDAM.

Di tahun 2021 ‘Valuing Water’ akan menjadi tantangan yang jauh lebih besar di tengah wabah pandemi Covid-19. Selama pandemi Covid-19, semua orang dianjurkan untuk selalu menggunakan masker, menjaga jarak, dan pastinya rajin cuci tangan. Oleh karena itu kebersihan tangan sangat penting untuk menahan penyebaran Covid-19, serta penyakit menular lainnya. Akses air bersih otomatis menjadi kunci penting untuk mencegah penularan virus corona yang jadi penyebab Covid-19.

Akan tetapi, air bersih akan sulit diakses apabila Bogor terkena krisis air seperti yang terjadi pada 2019 silam. dalam mencermati urgensi sumber daya air kota karena mendekati musim kemarau, Pemerintah Kota Bogor harus bergerak cepat dan mampu melakukan tindakan preventif untuk mencegah krisis serupa terjadi ditengah pandemi Covid-19. Hal yang ingin kita hindari bersama adalah terjadinya lonjakan kasus Covid-19 yang salah satu faktor penyebabnya adalah minim akses terhadap air bersih.

Penulis percaya pada Hari Air Sedunia ini Kota Bogor berkomitmen untuk mengupayakan secara sungguh-sungguh menjaga sumber air sehingga semua warga Kota Bogor dapat memiliki akses yang adil untuk sumber daya yang paling berharga ini.

Selamat Hari Air Sedunia!

Sumber

https://www.kompas.com/tren/read/2021/03/22/103000065/hari-air-sedunia–sejarah-tema-dan-masalah-air-selama-pandemi?page=all.

Penulis : Rosy Dewi Arianti Saptoyo

Editor : Inggried Dwi Wedhaswary

https://news.detik.com/berita/d-4665114/bima-arya-soal-krisis-air-di-bogor-pdam-turun-segera

Bima Arya soal Krisis Air di Bogor: PDAM Turun Segera!

Penulis : Sachril Agustin Berutu

https://www.worldwaterday.org/stories/story/secretary-generals-message-world-water-day

Latest Posts

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *